300x250 AD TOP

Sponsor

Rabu, 22 Juni 2016

Tagged under:

PERAN DAN FUNGSI PR





Fungsi dan Peran. Apa hayo bedanya ? Ada yang bisa menjawab ??? Nampaknya kalian masih belum tahu Fungsi dan Peran PR hehehe. So begini ya guys, secara mudahnya fungsi dan peran itu memiliki hubungan, tapi hubungan seperti apa yang di bangun oleh Fungsi dan Peran ? Hubungan yang baik tentunya, tapi seperti apa ya hubungan mereka ? Hubungan antara Fungsi dan Peran begitu dekat, sebab Fungsi akan di pengaruhi oleh Peran, mengapa demikian ?

Fungsi merupakan manfaat yang muncul pada sebuah objek akibat faktor-faktor lainnya.

Peran merupakan karakter atau  hal yang  ingin tunjukkan oleh seseorang tentang objek yang dikenakan.


Contoh simplenya :

- Tali.

Peran : Mengikat Barang, Mengikat Rambut, Mengikat Antara Kita Dan Mantan (Tali khusus berupa Tali Silaturahmi)

Fungsi : Barang yang di bawa tidak jatuh dan mampu menggantung ke benda lain, Membuat kepala tidak merasa gerah dengan panasnya matahari, Membangun relasi yang baik antara Kita dengan orang yang dahulu pernah kita sayang.
.
.
.
Demikian hubungan antara Peran dan Fungsi, lalu peran dan fungsi PR apa ya ?
.
.
.

PERAN PR

Peran seorang Public Relations sangat dibutuhkan dalam sebuah organisasi / perusahaan, namun seperti apa saja  peran-peran yang diperlukan dalam organisasi ? Sebelum membahas peran dari public relations, seorang public relations memiliki aktivitas seperti menjadi jembatan antara perusahaan dengan publik dan stakeholdersnya atau antara manajemen dengan karyawannya agar tercapai Mutual Understanding (saling pengertian), membangun citra perusahaan, menciptakan opini publik yang mendukung kepentingan perusahaan, dan membangun kepercayaan publik terhadap perusahaan. Adapun peran Public Relations (Dozier & Broom, 1995) antara lain :

  • Penasehat Ahli ( Expert Prescriber )

Seorang praktisi Public Relations yang berpengalaman dan memiliki kemampuan tinggi dapat membantu mencarikan solusi dalam penyelesaian masalah hubungan dengan publiknya.

  • Fasilitator Komunikasi (Communication Fasilitator)
Dalam hal ini, praktisi Public Relations bertindak sebagai komunikator atau mediator untuk membantu pihak manajemen dalam hal mendengar apa yang diinginnkan dan diharapkan oleh publiknya

  • Fasilitator Proses Pemecahan Masalah (Problem Solving Process Fasilitator )
Peranan praktisi Public Relations dalam pemecahan masalah persoalan Public Relations ini merupakan bagian dari tim manajemen. Hal ini dimaksudkan untuk membantu pimpinan organisasi baik sebagai penasihat (adviser) hingga pemimpin organisasi mampu mengambil tindakan dan mengeksekusi (keputusan) dalam mengatasi persoalan atau krisis yang tengah dihadapi, secara rasional dan profesional.


  • Teknisi Komunikasi ( Communication Technician )

Peranan communications technician ini menjadikan praktisi Public Relations sebagai journalist in recident yang hanya menyediakan layanan teknis komunikasi atau dikenal dengan of communication in organization.

.
.
.
.

FUNGSI PR

Fungsi bagi seorang PR adalah hal penting yang harus mereka lakukan selain peran maka ada juga dong fungsi untuk PR….

Fungsi PR sebagai berikut (Rumanti, 2002)  :

  • Fungsi manajemen

Fungsi tersebut adalah dimana seorang PR bertanggung jawab atas semua sistem yang ada di dalam organisasi. Seperti kekhasan organisasi yang dapat menjadikan identitas organisasi baik dari logo, warna organisasi, budaya organisasi, bahkan suasana kerja di dalam organisasi. Jika semua itu terlaksana maka dapat dikatakan bahwa organisasi tersebut mendapat image  yang baik di mata publik. (Communication Facilitator, Expert Prescriber, Problem Solving Proces Facilitator)

  • Fungsi Opini Publik

Fungsi opini publik adalah fungsi dimana PR mengemukakan pendapat yang tepat dan berguna bagi masyarakat luas. Selain itu respon atau penerimaan pesan yang disampaikan PR hendaknya dapat diterima baik oleh masyarakat yang mengandung informasi penting atau yang mereka butuhkan. (Communication Facilitator dan  Communication Technician)

  • Fungsi Relasi

Fungsi relasi adalah fungsi yang dilakukan PR untuk menjalin kerja sama dengan para stakeholder, dan juga menjalin hubungan baik dengan masyarakat. Semua itu dilakukan untuk mendapat timbal balik atau respon positif dari pihak eksternal, karena sangat berguna untuk menjaga citra dan reputasi organisasi. (Expert Prescriber, Problem Solving Proces Facilitator, Communication Facilitator, Communication Technician)

  • Fungsi Komunikasi

Fungsi komunikasi adalah fungsi yang dilakukan PR dengan berkomunikasi yang baik dengan pihak eksternal karena komunikasi merupakan hal penting yang dilakukan PR sebagai jembatan baik dengan pihak eksternal internal maupun untuk pendukung agar mendapat kepercayaan. Organisasi akan dipandang goodwill  jika semua itu dilakukan, karena komunikasi merupakan sarana dimana kita mendapat segala informasi atau sesuatu yang terkait dengan organisasi. (Communication Facilitator, Expert Prescriber, Problem Solving Proces Facilitator, Communication Technician)


Demikian informasi yang bisa kami bagikan
semoga bermanfaat yaaa........ 


DAFTAR PUSTAKA

Rumanti, Maria Assumpta .(2002) . Dasar-dasar Public Relations. Jakarta: Grasindo

Dozier, D., & Broom, G. M. (1995). Evolution of the manager role in public relations Practice. Journal of Public Relations Research, 7, 3-26. 

0 komentar:

Posting Komentar